Kab. Pohuwato

Hari Santri Digelar Dalam Bentuk Apel Kebangsaan Wabup:”Santri Indonesia Untuk Perdamain dunia

POHUWATO, (Kabargorontalo.id) – Kabupaten Pohuwato kembali menggelar apel kebangsaan dalam rangka memperingati hari santri nasional ke-4. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Desa Banuroja Kecamatan Randangan. Selasa (22/10/19)

Ikut hadir Wakil Bupati Amin Haras, Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Widodo, Assisten Kesra, Hamka Nento, Kakan Kemenag, Yudin Moonti, Anggota DPRD Hamdi Alamri, Kabag Kesra Alwin Toma serta Pimpinan Ponpes Salafiyah Safi’iyah KH. Abdul Ghofur.

Kapolres Agus Widodo bertindak pembina upacara saat membacakan sambutan Sekretaris Jendral Kementerian Agama RI, M. Nur Kholis Setiawan Presiden Joko Widodo seperti yang dibacakan Kapolres Pohuwato, melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan. Usai apel, Wabup Amin Haras menyampaikan selamat hari santri nasional terlebih bagi santri-santri yang ada di Pohuwato.

Diketahui bahwa hari santri nasional ini sudah memasuki tahun ke-4, sehingga diharapkan “Santri Indonesia untuk perdamaian dunia” yang merupakan tema tahun 2019 ini dapat menjadi perhatian semua, karena isu perdamaian diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Selaku pemerintah daerah Wabup berharap, agar santri-santri menjadi terdepan dalam menjaga perdamaian terutama di lingkungan para santri saat menimbah ilmu.

Hal ini dimaksudkan agar Islam yang rahmatan lilalamin benar-benar terwujud. Selanjutnya dapat menjaga kebersamaan diantara sesama serta mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan sehingga tercapai bangsa maupun daerah yang aman dan tentram.(KG01)

Laporan:ayu kone/hms

Editor:muzamil Hasan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button