Advertorial

Tingkatkan Kompetensi,Pemdes Buntulia Barat Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat

KABARGORONTALO.ID,-Wujud inovasi dan dedikasi pemerintah desa buntulia barat dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama di bidang lembaga adat,

Pihaknya menggelar pelatihan peningkatan kapasitas lembaga adat selama tiga hari bertempat di aula kantor desa buntulia barat yang pelaksanaannya di buka senin,(09/03/2020 )

Pantauan tim kabargorontalo.id, kegiatan yang menghadirkan pemateri masing-masing dari Bate kabupaten Pohuwato Bani Imran kaluku,mongotilo kabupaten Hj.amina olii,Bate kecamatan duhiadaa Hasan due,kimalaha wu’u kecamatan Suwarni banto, kimalaha kecamatan Abdulrahman lukum, narasumber dari desa buntulia barat ibu asma nggou.

Kegiatan ini pula tampak di hadiri ibu ketua TP PKK desa Buntulia barat Dewila Giasi,SH Kepala desa buntulia barat Tutam polumuduyo,SH kepada awak media kabargorontalo.id menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah untuk menyetarakan penafsiran kepada para pemangku adat khususnya desa buntulia barat yang seringkali terjadi beragam penafsiran.

Hal ini melihat para pemangku adat pada setiap prosesi hajatan masih banyak hal-hal yang perlu dan penting di benahi Mulai dari cara berpakaian, penyesuaian tempat duduk, dan sebagainya.

Bahkan kegiatan ini tidak saja melibatkan para pemangku adat namun meliputi seluruh unsur baik BPD maupun perangkat desa.

Sehingga kedepan mulai dari kalangan pemuda, masyarakat,hingga pejabat desa benar-benar paham kaitan dengan adat itu sendiri.

“Insyaallah dengan adanya kegiatan yang di selenggarakan selama 3 hari kedepan bisa memberi manfaat terutama bagi pemangku adat di desa buntulia barat.

Bahkan setelah berakhirnya kegiatan ini kami akan berencana mengadakan studi banding ke kabupaten Gorontalo.”terang kades PAW ini.

Di tempat yang sama usai membuka acara tersebut camat duhiadaa Ibrahim kiraman,SE menerangkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja kepala desa buntulia barat.meski usianya terbilang masih belia tetapi kemauan dan kemampuannya dalam memimpin desa ini cukup luar biasa.

Dan nantinya ini merupakan contoh bagi desa lain yang ada di kecamatan duhiadaa untuk melakukan kegiatan yang sama.tutupnya,(Kg/NU)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button