Pemerintahan

Jelang Hari Lebaran Idul Adha, Semua Hewan Kurban Di Pohuwato Sudah Layak Dikonsumsi

KABARGORONTALO.IDMenjelang Hari Raya Idul adha, Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui tim pemeriksaan kesehatan dinas pertanian mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing, yang ada di 13 Kecamatan di Kabupaten Pohuwato.

Terhitung sejak tanggal 21 Juli 2020 hingga saat ini, tim pemeriksa kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato, telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk layak konsumsi.

Kepala Dinas Pertanian, Ikbar AT Salam menjelaskan, Hal utama yang diperiksa pada hewan kurban untuk kesehatan secara umum dan secara khususnya penyakit antraks. Dari hasil pemeriksaan, dipastikan seluruh calon hewan kurban yang ada di Kabupaten Pohuwato bebas dari penyakit.

Sejak tanggal 21 Juli 2020 hingga saat ini, tim kami telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Pohuwato. Seluruh calon hewan kurban yang diperiksa dinyatakan sehat dan layak untuk dikomsumsi,” Jelas Ikbar AT Salam saat di temui di ruangannya, Kamis (30/7/2020).

Ikbar juga memastikan, semua hewan ternak yang ada di Kabupaten Pohuwato dipastikan aman. Hal ini, karena tim pemeriksa kesehatan hewan Dinas Pertanian Pohuwato tidak hanya melakukan pemeriksaan saat Hari Raya Idul Adha dan pada satu ekor hewan saja, tetapi pemeriksaan dan pengawasan dilakukan untuk seluruh secara berkala oleh petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian.

Masih di tempat yang sama, Kadis Pertanian Ikbar AT Salam berpesan Bagi masyarakat di Kabupaten Pohuwato yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, diharapkan sebelum melakukan penyembelihan dapat memeriksakan kelayakan hewan tersebut kepada petugas kesehatan hewan.

Pesan saya bagi seluruh masyarakat Pohuwato, apabila akan melakukan penyembelihan hewan kurban, kiranya dapat memeriksakan dulu kelayakan hewan kurbannya kepada Dinas Pertanian, nanti tim pemeriksa kesehatan hewan akan turun langsung di lapangan,” Kata Ikbar yang juga sebagai Staf Ahli Bupati itu.(Tim Kg).

Wartawan : Efendi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button