Kab. Pohuwato

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga: Pelaku IKM Harus Terus Diberdayakan

KABAR POHUWATO – (kabargorontalo.id), Rumah produksi minyak kelapa, kelompok usaha produktif yang ada di Desa Karangetang Kecamatan Dengilo dikunjungi Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga didampingi Kadis Perindagkop, Zulkifli Umar.

Di rumah produksi tersebut, Bupati Saipul meninjau langsung pengolahan minyak serta minyak yang sudah siap pakai oleh pelaku IKM. Bahkan, Bupati bersama beberapa OPD membeli minyak kelapa asli tersebut.

Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dihadapan pelaku IKM berharap agar tetap konsisten agar usaha ini dapat lebih diberdayakan sebagai upaya peningkatan dan pemberdayaan dalam menunjang penghasilan rumah tangga.

Dan Pemkab, katanya, sangat mengapresiasi serta mendukung apa yang menjadi usaha dari kelompok itu sendiri. Untuk itu, kepada Dinas terkait diminta memasarkan hasil IKM tersebut.

Zulkifli Umar selaku Kepala Dinas Perindagkop dan UKM mengungkapkan, IKM yang ada merupakan bentuk usaha mengolah bahan kelapa menjadi minyak kelapa asli dan VCO.

Dan IKM ini, katanya, di bawah binaan langsung Burung Indonesia dan Dinas Perindagkop. Dinas Perindagkop sendiri, menurutnya, selalu mendorong pada pelaku IKM untuk bisa memproduksi lebih banyak lagi, karena sekarang ini semakin banyak kebutuhan terhadap VCO dan minyak kelapa kampung.

Hanya saja, kata Zulkifli Umar, pihaknya terkendala dengan pemasaran. “Pemasaran kita sekarang tinggal berharap ketika ada pameran, serta di pasarkan melalui online,” ujarnya, Jum’at (26/03/2021).

Untuk pemberdayaan dan pengembangannya kedepan, mantan Camat Randangan ini pun berharap di Pohuwato akan ada swalayan atau toko yang bisa dikerjasamakan dengan para IKM untuk bisa ikut memasarkan VCO dan minyak kampung tersebut.

“Yang jelas saat ini VCO sudah banyak dikenal orang dan itu sudah menjadi unggulan IKM Pohuwato,” jelasnya.

Wartawan: KT.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button