Desa

Pohuwato Tingkatkan Pelayanan Isbat Nikah Hingga ke Desa-desa

KABAR POHUWATO – (kabargorontalo.id), Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui Forum Puspa terus berupaya menekan angka pasangan suami istri (Pasutri) yang belum memiliki keabsahan dalam pernikahan. Sehingga itu, melalui program pelayanan isbat nikah, Forum Puspa menyasar Desa-desa yang sampai dengan saat ini berada di Kecamatan Dengilo.

Pelayanan Isbat Nikah berlangsung di Desa Karya Baru, yang dihadiri langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Ketua Harian Forum Puspa, Stenly Nippi bersama unsur Dinas P3AP2KB, pada Jum’at (26/03/2021).

Menurut Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan, Sri Marlina Mursalin menyatakan bahwa Desa Karya Baru adalah Desa keenam setelah beberapa Desa yang telah di Isbatkan.

Disebutkannya, berdasarkan data yang masuk bahwa di Desa Karya Baru ada sekitar 50 KK yang belum memiliki legalitas nikah. Olehnya, melalui kegiatan ini diupayakan 50 KK tersebut bisa memiliki keabsahan dalam pernikahan.

Karena itu, langkah dan upaya dari Forum Puspa Pohuwato mendapat apresiasi dari Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dengan harapan dukungan dari semua masyarakat terutama terhadap mereka yang belum memiliki buku nikah.

“Ini adalah persoalan legalitas dari pasangan suami istri (pasutri) itu sendiri, hadirnya teman-teman forum puspa dalam pelayanan isbat nikah ini telah menyasar seluruh kabupaten pohuwato yang saat ini berada di desa karya baru kecamatan dengilo,” ujar Bupati.

Di Pohuwato, kata Bupati, ada kurang lebih 6 ribu pasutri yang masih diupayakan maksimal oleh teman-teman forum puspa untuk bisa memiliki legalitas pernikahan.

Sehingga itu, Bupati Saipul Mbuinga berharap bagi yang tidak dan belum memiliki buku nikah, tentu sebuah hambatan bagi keluarga itu, terutama kaitan dengan bantuan-bantuan yang dikucurkan oleh pemerintah serta kebutuhan administrasi kependudukan, baik terhadap pasutri itu sendiri maupun anak-anaknya.

“Olehnya, jangan malu untuk menyampaikan atau melaporkan, karena saat ini ada program layanan isbat nikah,” jelasnya.

Wartawan: KT.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button