DesaKab. Pohuwato

Sebanyak 23 Incumbent di Pohuwato Tumbang, Hanya 15 yang Lolos

KABARGORONTALO.ID – Sebanyak 23 Incumbent di Kabupaten Pohuwato tumbang, pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 ini.
Itu berdasarkan data yang diterima awak media ini, dari Dinas PMD Pohuwato, Kamis, (11/08/2022).

Petahana yang tumbang tersebut masing-masing dari 13 Kecamatan. Yakni di Kecamatan Dengilo, Kecamatan Paguat, Kecamatan Marisa, Kecamatan Buntulia, Kecamatan Duhiadaa, Kecamatan Patilanggio, Kecamatan Randangan, Kecamatan Taluditi, Kecamatan Wanggarasi, Kecamatan Lemito, Kecamatan Popayato, Kecamatan Popayato Timur, dan Kecamatan Popayato Barat.

Di Kecamatan Dengilo, dari 3 Calon Kandidat Kepala Desa, hanya tersisa 1 orang yang berhasil menang. Di Kecamatan Paguat, dari 4 Calon Incumbent, hanya ada 2 kandidat yang berhasil menang.

Berlanjut di Kecamatan Marisa. Dari 5 Calon Incumbent yang kembali mencalonkan Kades, hanya 1 Calon yang berhasil menang. Di Kecamatan Buntulia, dari 2 Calon Petahana, hanya 1 orang yang berhasil menang.

Di Kecamatan Duhiadaa, dari 4 calon Incumbent, hanya 2 orang yang berhasil menang. Di Kecamatan Randangan, dari 5 Calon Petahana hanya 2 Calon yang juga berhasil menang.

Begitu juga di Wilayah Barat Pohuwato. Di Kecamatan Popayato, dari 3 Incumbent 2 Calon berhasil menang. Di Kecamatan Popayato Barat, dari 2 Calon Petahana 1 orang yang berhasil menang.

Sementara di Kecamatan Lemito, dari 2 Calon Incumbent, keduanya berhasil menang. Begitu juga di Kecamatan Wanggarasi. Meski hanya ada 1 Petahana yang maju, tetapi mampu memenangkan Pilkades.

Berbeda nasip dengan Incumbent yang maju Cakades di Kecamatan Patilonggio, Taluditi, dan Popayato Timur. Tak ada satu pun Incumbent di yang berhasil. 3 Calon Incumbent di Kecamatan Patilanggio gagal meraih kemenangan. Begitu juga di Kecamatan Taluditi. dari 2 Calon Petahana juga gagal. Di Popayato Timur juga, dari 1 Petahana yang maju, juga tumbang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas PMD Pohuwato, Muzna Giasi memaparkan, dari 62 Desa yang ikut dalam Pemilihan Kepala Desa, ada sebanyak 38 Petahana yang maju.

“23 Incumbent mengalami kekalahan, sedangkan 15 berhasil meraih kemenangan,” jelas Muzna Giasi.

Kata Muzna, hasil rekapitulasi perolehan suara ini yang di miliki Dinas PMD hanya sementara, nantinya akan menunggu laporan hasil putusan panitia di masing-masing Desa, Kecamatan, maupun tingkat Kabupaten Pohuwato.

“Hasil rekapitulasi ini baru sementara hitung Quick count, laporan seluruh panitia yang ada di masing-masing desa,” tandasnya.

Reporter : Iskandar Badu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button