Desa

Pemkab Pohuwato Gelar Hari Asyura Muharram 1445 H

Kabargorontalo.id, – Pemda Pohuwato bersama pemangku adat menggelar hari asyura atau hari kesepuluh di bulan Muharam. Perayaan 10 Muharam yang berlangsung di Masjid Agung Pohuwato dilaksanakan secara tradisional Gorontalo berupa doa bersama yang dihadiri langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Forkopimda Pohuwato, pimpinan OPD, ASN dan masyarakat, Kamis, 27/7/2023).

Diketahui, pada 10 Muharam merupakan hari bersejarah yang menurut beberapa riwayat disebutkan banyak peristiwa penting terjadi di hari itu pada masa yang lalu yang dialami para Nabi dan Rasul. Kejadian atau peristiwa penting itu selalu dikenang hingga saat ini oleh umat muslim termasuk umat islam yang berada di Kabupaten Pohuwato.

Bupati menjelaskan, pada perayaan 10 Muharam malam ini tentu patut untuk disyukuri oleh kita semua, karena masih diberikan umur yang panjang sehingga masih bisa masuk pada tahun 1445 H. Perayaan 10 Muharam ini sudah merupakan agenda bagi umat islam itu sendiri, karena di hari asyura ini ada keutamaan-keutamaan salah satunya disunahkan melaksanakan puasa serta diampuni dosa selama setahun bagi yang bertobat.

‚ÄúSalah satunya diampuninya tobat Nabi Adam AS karena melanggar larangan Allah dengan memakan buah khuldi hingga diturunkan ke bumi. Pertobatan Nabi Adam AS disebut dilakukan pada 10 Muharam, di hari itu juga Allah SWT menerima tobat dari manusia pertama yang diciptakan Allah,” kata bupati.

Menurut Saipul, masih banyak kejadian yang dialami oleh para nabi berikutnya pada 10 Muharam ini. Untuk itu, mari peringatan ini kita sama-sama memperteguh dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT dan senantiasa menjalankan segala perintahnya dan insyaallah doa yang kita panjatkan bisa diijabah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button