Kab. Bonebolango

Merlan Uloli Ingatkan Jaga Netralitas ASN Pada Pemilu Serentak 2024

KABAR BONEBOL – Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengingatkan seluruh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) agar menjaga netralitas pada pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

Apalagi saat ini, tahapan kampanye pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, serta legislatif sudah dimulai, sehingga itu Korpri yang merupakan ASN harus menjaga sikap netralitas dan sikap saat berhadapan dengan kegiatan politik pada tahapan kampanye ini.

Hal ini diutarakan Plt. Bupati Merlan S. Uloli saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korpri tingkat Kabupaten Bone Bolango, bertempat di halaman kantor Bupati, Rabu (29/11/2023).

“Saya mengingatkan kembali tentang netralitas dimaksud, karena orientasi Korpri tetap tidak berubah, yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”tegas Merlan.

Plt. Bupati Merlan juga meminta kepada seluruh pengurus Korpri di semua tingkatan untuk terus menjaga anggotanya agar tetap tegak lurus kepada Negara, Pancasila dan UUD 1945.

”Secara khusus, saya juga meminta keluarga besar Korpri Bone Bolango untuk terus menerus membentengi anggotanya dari intoleransi dan radikalisme,”tandas Merlan.

Ia menyebutkan di akhir tahun 2023 ini dan tahun 2024 nanti adalah bagian yang menarik dalam sejarah kehidupan Korpri ketika disandingkan dengan Pemilu Presiden dan Pilkada. Dua event besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas Korpri.

Plt. Bupati pun menjelaskan di tahun 2024 akan berlangsung pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan 38 Gubernur/Wakil Gubernur dan 514 Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota. Tentunya ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus kita sukseskan bersama.

Merlan percaya bahwa Korpri sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945. Menurutnya, Korpri yang memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa Indonesia, merupakan salah satu wadah perekat dan pemersatu bangsa.

”Melalui Korpri, mari kita senantiasa berperan dengan meningkatkan kinerja, berkolaborasi dan bersinergi, serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” Tandasnya.

Rilis: Hms

Jurnalis: Alim S.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button