Pendidikan

10 Perpustakaan Yang Ada Di Pohuwato Saat Ini Telah Dilakukan Akreditas Oleh Perpustakaan Nasional

10 perpustakaan yang ada di Kabupaten Pohuwato saat ini telah dilakukan akreditas oleh Purpustakaan Nasional POHUWATO,Kabargorontalo.id-Pihak Perpusnas yang terdiri dari Kasubag Hukum dan juga sebagai Anggota Asesor Perpustakaan, Budi Kusumawardani bersama Kabid Pengolahan yang juga Asesor Perpustakaan serta Ketua Komisi Penerbitan di Ikatan Pustakawan Indonesia, Suharyono, sejak Senin hingga Rabu berada di pohuwato melakukan akreditas.(16/10/2019)

Kadis Perpustakaan Lusiana Bouti menjelaskan, tahun ini pohuwato mendapat jata dari Perpusnas untuk akreditas. Ada 10 perpustakaan masing-masing Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Perpustakaan Desa Suka Makmur, Perpustakaan Desa Balayo, Perpustakaan SDN 01 Popayato Timur, SDN 06 Marisa, SMP N 1 Duhiadaa, SMP N 1 Marisa, SMK N 1 Marisa, SMA N 1 Marisa dan SMK N 1 Duhiadaa. Akreditas berpengaruh sekali terhadap pengembangan perpustakaan di tingkat nasional. Jadi, kalau sekarang sebelum terakreditas itu tidak terdaftar secara online nasional di Perpusnas, nah kalau sudah di akreditas nilai apapun kita sudah terdaftar. Di Provinsi Gorontalo baru sekitar 40 sekolah yang terakreditas dan di pohuwato 10 perpustakaan, yang terakreditas di provinsi baru perpustakaan pohuwato dan perpustakaan provinsi. Insya Allah kita mendapat akreditas yang baik,harap Lusiana.

Sementara itu Budi Kusumawardani menjelaskan, kita sudah selesai melaksanakan akreditas disini (pohuwat) alhamdulillah secara umum sudah baik, hanya ada beberapa perlu ada kelengkapan dokumen dan juga perlu ada pembenahan terutama juga melihat standar nasional perpustakaan.

Kemudian terkait program kegiatan memang sudah ada, dan alhamdulillah kami sudah menyusun Peraturan Perpustakaan Nasional terkait dengan program dan kegiatan bidang perpustakaan di daerah untuk provinsi dan kabupaten yang merupakan turunan dari Permendagri Nomor 33 tahun 2018. Disisi lain Suharyanto, mengucapkan terima kasih kepada Kadis Lusiana Bouti bersama jajarannya yang sudah dengan semangat melakukan kegiatan akreditas peprustakaan dan ini amanah dari Perpusnas yang tujuannya untuk peningkatan kualitas perpustakaan-perpustakaan di Pohuwato.

Ada beberapa catatan yang pelru disampaikan terkait dengan kegiatan akreditasi, bahwa perpustakaan dinas harus berbenah untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Kenapa? karena perpustakaan dinas ini merupakan pembina amanhnya di UU Nomor 43 tahun 2007. Selajutnya kami selaku pembina di perpustakaan nasional siap membantu dan mendukung berbagai macam kegiatan yang ada di perpustakaan nasional terutama untuk pengembangan SDM.

Tujuan akreditas ini untuk melihat penyelenggaraan pengelolaan perpustakaan yang ada di pohuwato apakah sesuai standar nasional perpustakaan atau tidak, dengan adanya akreditasi nanti akan terlihat tifenya seperti apa, apa akreditasnya A,B atau C, setelah ini kami rapat di tingkat nasional selanjutnya baru ada hasilnya yang akan dikirim paling lambat dua bulan dapat sertifikatnya.

Selain itu, Andi Tawong selaku Perpustakaan Provinsi menambahkan, untuk sementara ini di provinsi gorontalo yang terakreditas untuk dinas ada dua yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pohuwato. Pada kemarin juga sudah dilakukan hal yang sama di kabupaten gorontalo. Insya Allah keluar akrediasnya tahun ini juga.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button