Kab. PohuwatoPemerintahan

Pemda Pohuwato Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing Secara Gratis

KABARGORONTALO.ID – Setelah sukses gelar operasi bibir sumbing tahap I, kini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato, kembali menggelar lagi operasi bibir sumbing dan celah langit untuk tahap II di RSUD Bumi Panua, Jum’at, (19/08/2022).

Untuk saat ini, terdapat 32 anak-anak dan remaja asal Pohuwato dan luar Daerah, mengikuti operasi bibir sumbing dan celah langit tersebut.

Operasi bibir sumbing dan celah langit tersebut, adalah kerjasama Pemda Pohuwato dan Universitas Hasanuddin, Makasar. Dalam setahun ini, Pemda Pohuwato sudah dua kali melaksanakan operasi bibir sumbing yang tahap I digelar pada Februari lalu.

“Pelaksanaan operasi bibir sumbing atau celah bibir saat ini, merupakan keberlanjutan dari operasi tahap I pada bulan Februari 2022 lalu,” jelas Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Menurut Bupati Saipul, ada ketentuan untuk proses lanjutan bagi yang telah di operasi bibir sumbing atau harus melewati 6 bulan.

“Namun berdasarkan komitmen kami untuk dapat menuntaskan seluruh anak-anak dan juga orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun yang memiliki permasalahan yang sama, sehingga kembali digelar operasi tersebut,” pungkasnya.

Diakui Bupati Saipul, keberhasilan operasi bibir sumbing sendiri tak lepas peran dan dukungan para dokter spesialis mulut dan langit Universitas Hasanuddin, Makassar.

Selaku Pemerintah Daerah, Bupati Saipul berharap agar orang tua dapat dan bisa menyakinkan anak-anak untuk melakukan operasi ini.

“Para orang tua diharapkan tidak melarang anaknya untuk dilakukan pengoperasian, ini dimaksudkan agar kedepannya Kabupaten Pohuwato bisa terbebas dari penyakit ini,” harap Bupati Saipul.

Pantauan di lapangan, perhatian orang nomor satu di Pohuwato ini sangat besar, dimana dalam sehari tersebut Bupati Saipul meninjau operasi sampai tiga kali.

Tercatat pada pagi hari datang menyaksikan pembukaan operasi bersama Dandim 1313 Pohuwato, unsur polres pohuwato, Kakan Kemenag Pohuwato, Ust. Fahri Djafar, Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh, Kadis Kesehatan, Fidi Mustafa dan Direktur RSUD Bumi Panua, dr. Yenni Ahmad.

Selanjutnya usai salat jum’at kembali meninjau operasi sebelum menuju Kecamatan Paguat untuk melepas gerak jalan. Terakhir, usai dari paguat kembali lagi menuju RSUD hingga menjelang salat magrib.

Dengan demikian, harapan besar dari bupati untuk menjadikan pohuwato bebas dari penyakit bibir sumbing begitu besar. Disisi lain hal ini juga untuk memastikan operasi tersebut berjalan aman, sehingga dalam sehari ini Bupati Pohuwato terus memantau perkembangan yang ada dengan meninjau terus jalannya operasi.

Reporter : Iskandar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button