Kab. BonebolangoPemerintahanUncategorized

Ekonomi Bone Bolango Tumbuh 4,47 Persen di Tahun 2023

KABARGORONTALO.ID, Bonebol – Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho, mengaku bersyukur berdasarkan rilis resmi statistik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, bahwa kinerja makro daerah ini menunjukan hasil yang baik, terutama pertumbuhan ekonomi.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita tumbuh sebesar 4,47 persen di tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 sebesar 4,02 persen, dan ini dikontribusikan dan masih didominasi oleh sektor pertanian,”kata Asisten II Basir Noho saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan Berita Resmi Statistik, di Kantor BPS Kabupaten Bone Bolango, Rabu (28/2/2024).

Basir Noho mengatakan tentunya data pertumbuhan ekonomi ini akan membantu pemerintah daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang sedang disusun untuk RPJPD tahun 2025-2045, RKPD tahun 2025 dan RPJMD tehnokrat di tahun 2024.

”Data ini tentunya akan membantu kita pemerintah daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah berdasarkan hasil kinerja pemerintah daerah sampai tahun 2023,”kata mantan Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bone Bolango itu.

Olehnya itu, ia selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPS Kabupaten Bone Bolango yang telah merilis data pertumbuhan ekonomi tersebut, karena ini menjadi basis data atau baseline data yang akan digunakan dalam penyusunan kebijakan dan strategi pembangunan daerah ke depan.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Bone Bolango, Suparno, menjelaskan pihaknya merilis angka pertumbuhan ekonomi Bone Bolango, karena ini merupakan rilis tahunan.

”Jadi setiap tahun kami di BPS itu menghitung yang namanya PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto sebagai dasar perhitungan pertumbuhan ekonomi dan itu dilakukan secara tahunan,”jelas Suparno.

Suparno mengatakan bahwa, pertumbuhan ekonomi di Bone Bolango pada saat ini masih 35% ,itupun masih didominasi oleh sektor pertanian dengan pertumbuhan 4,15 %. Walaupun demikian ini menjadi wacana juga buat Pemerintah Bone Bolango bagaimana kemudian bisa mengoptimalkan juga sektor-sektor lainnya.

“Sebab, salah satu syarat untuk menjadi daerah maju harusnya bukan hanya berbasis pada pertanian, tapi sektor jasanya, sektor industrinya juga harus dikembangkan. Kita melihat ternyata sektor jasa maupun sektor industri di Bone Bolango itu peranannya masih sangat kecil.
Jadi ini harus ditingkatkan supaya efek untuk pertumbuhan ekonomi kedepan itu bisa semakin tinggi dan lebih dirasakan oleh masyarakat,” Pungkasnya. (**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button