Provinsi Gorontalo

Mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur UNG Membentuk Kelompok Pengelola Sampah

KABARGORONTALO.ID – Mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur UNG di Desa Bendungan melakukan survei dan pendataan door to door (rumah kerumah) untuk mengetahui permasalahan yang ada di Desa Bendungan, kemudian mendapatkan satu permasalahan yang paling banyak yaitu kurangnya tempat pembuangan sampah dimana cara pengelolaan sampah yang masih kurang tepat.

Pengolahan sampah dengan cara dibakar merupakan salah satu cara yang dapat membahayakan kesehatan dalam jangka Panjang, pasalnya asap hasil pembakaran sampah mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan polusi udara. Maka dari permasalahan tersebut mahasiswa KKN Infrastruktur yang ada di Desa Bendungan mengadakan pembentukan kelompok pengelola sampah agar terciptanya kemandirian Masyarakat dalam mempertahankan kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang benar.

Dosen Pembimbing Lapangan mengatakan bahwa dalam pembagian kelembagaan pengelola sampah ini masing-masing akan ada ketua atau seksi yang nantinya akan mengelola sampah-sampah tertentu sehingga kelompok ini dapat menjalankan tugas sesuai dengan bidang atau tupoksinya masing-masing.

Mahasiswa KKN Tematik Infrastruktur Universitas Negeri Gorontalo Desa Bendungan Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo sukses melaksanakan kegiatan Foccus Group Disccusion 3 yang isi dari kegiatan tersebut tentang penandatanganan SK dan pembentukan kelompok pengelola sampah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan hanya 1 hari pada hari selasa 15 Agustus 2023 digedung serba guna Desa Bendungan Kec. Mananggu Kab. Boalemo. Sasaran dari kegiatan tersebut agar nantinya kelompok ini dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah agar dapat mengurangi potensi menumpuknya sampah sehingga sampah tidak hanya menjadi barang yang sudah tidak dapat digunakan tetapi menjadi barang yang lebih berguna jika dikelola.

Pada hari selasa 15 agustus 2023 telah terpilih ketua Lembaga pengelola sampah atas nama Kevin Musa dan penandatangan SK pembentukan kelompok pengelola sampah yang ditanda tangani langsung oleh sekretaris desa.

Kegiatan Pembentukan kelompok pengelola sampah dihadiri oleh Sekretaris Desa, Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu-ibu Dasawisma Desa Bendungan, Karang Taruna & Rema Muda, dan Masyarakat Desa Bendungan.

“Pemerintah desa berharap bahwa dalam pembuatan bank sampah ada andil dana dari masyarakat atau biaya dari masyarakat agar mereka akan ikut serta dalam menjaga. Karena jika biaya hanya dari satu sumber, masyarakat yang akan melewati bank sampah tersebut terlihat tidak peduli dalam menjaga bank sampah tetapi jika dalam pembuatan bank sampah ada dana dari masyarakat maka beliau meyakini bahwa mereka akan sama-sama menjaga karena adanya dana masyarakat yang sudah terpakai dalam pembuatan bank sampah tersebut” ujar sekretaris desa”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button